Bloggerberdatu

4/19/14

Cara memilih kata kunci atau keyword

"keyword" merupakan senjata ampuh untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Banyak para blogger yang tidak pernah memperhatikan "keyword" dalam setiap membuat artikel pada postingannya. Padahal "keyword" sangatlah berpengaruh pada web atau blog untuk memaksimalkan traffic kunjungan dari mesin pencari seperti Google,Bing,Yahoo,AOL dan mesin pencari lainnya. Dengan keyword yang benar dan tepat blog agan-agan dapat ditemukan dengan mudah pada mesin pencari (search engine). Keyword yang SEO Friendly atau Trend Keyword memang sulit ditebak, karena sering berubah setiap harinya.
 Berikut akan saya bahas tentang cara memilih kata kunci atau keyword yang sering di cari :

  1. Google Keyword Tools Planner

Pergi ke google.com dan ketikan google keyword planner seperti SS berikut ini :
Google Keyword Tools Planner
Anda akan diminta untuk login ke adwords seperti SS berikut ini :
Google Keyword Tools Planner

Login menggunakan ID dan password gmail anda kalau belum punya silahkan buat akun dulu gratis bro dan saya gak akan membahas gimana caranya buat akun adword disini, silahkan searching aja di google bejibun bro yang membahas cara buat akun adwords.
Setelah anda login maka tampilannya akan seperti SS berikut ini :
Google Keyword Tools Planner

Ada 3 opsi yang diberikan oleh google untuk bisa anda gunakan me-research keyword menggunakan keyword planner ini, yaitu :
1.Search for keyword and ad groups ideas
2.Enter or upload keywords to see how they perform
3.Multiply keyword list
Karena ada 3 opsi maka posting saya kali ini akan membahas opsi yang nomor 1, are you ready!...lets go..hehe..
Setelah anda klik opsi nomor 1, maka tampilannya seperti SS berikut ini :
Google Keyword Tools Planner

Silahkan masukan keyword yang akan anda research seperti SS diatas saya akan research keyword :
canon cemera
canon slr
ikuti instruksi pada SS diatas kemudian klik tombol biru "Get ideas" maka tampilan selanjutnya akan seperti SS berikut ini :
Google Keyword Tools Planner

Setelah tampil seperti SS diatas klik TAB "Keyword ideas" seperti yang saya tunjukkan pada SS diatas, maka tampilan selanjutnya akan seperti  SS dibawah ini :
Google Keyword Tools Planner

SS diatas adalah hasil Exact Match dari keyword yang saya masukan di proses sebelumnya, dari SS diatas data yang ditampilkan secara default belum berurutan, untuk mengurutkan data lihat SS dibawah ini :
Google Keyword Tools Planner

Anda bisa scroll down kebawah untuk melihat variasi keyword lainnya untuk anda analisa dan anda gunakan sebagai Primary keyword, dan secondary keyword.
Anda juga bisa melihat trend dari bulan ke bulan dari variasi keyword yang ditampilkan oleh google keyword planner ini dengan cara mengarahkan mouse anda seperti SS dibawah ini :
Google Keyword Tools Planner

Ternyata gampang bukan cara menggunakan google keyword planner ini, dimana sudah dilengkapi dengan grafik trend dari keyword yang bersangkutan sehingga lebih memudahkan kita untuk membidik keyword yang akan kita jadikan keyword utama kita untuk mendatang traffick ke website/blog kita melalui search engine google.

   2 . Google Insights atau Google Trend

Di Google Insight seseorang dapat mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Dengan menggunakan Google Insight para blogger bisa memilih topik blog yang bagus dan lagi laris keywordnya di mesin pencarian Google.

Jadi jika sobat saat ini mampir ke Google Insight, tidak usah bingung dan kaget kenapa menuju ke Google Trends karena memang keduanya sudah terintegrasi saat ini. Dan mungkin ada sebagian kita yang bingung cara menggunakan Google Insight versi baru ini. Berikut ini tampilan Google Insight yang terintegrasi dengan Google Trends itu:


Google Insights atau Google Trend
Nah kan, tampilannya berbeda dengan tampilan Google Insight versi lama, bukan? Apakah Google menghilangkan layanan Google Insight ini?
Ternyata tidak demikian, Google malah menyempurnakan layanan ini untuk menjadi lebih baik lagi tentunya. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Pada awalnya saya sendiri bingung menggunakan Google Insight versi baru ini.

Ternyata cara menggunakannya mudah saja. tanpa menulis apa-apa di kotak telusur, langsung saja klik tombol biru bertuliskan "Explore" atau “Jelajah”. Selanjutnya silakan sobat bisa menggunakan layanan Google Insight untuk mencari keyword apa saja yang populer dicari oleh pengguna internet dalam rentang waktu tertentu pada kotak telusur disamping kiri. Kaya gini tampilannya:

Google Insights atau Google Trend