Bloggerberdatu

1/26/14

Optimasi SEO pada tiap-tiap postingan blog

Optimasi SEO pada tiap-tiap postingan blog pada hakekatnya merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan manakala kita menuliskan postingan-postingan baru pada blog yang kita miliki demi kemajuan blog itu sendiri serta dalam upaya untuk meraih posisi penting pada 10 besar hasil pencarian oleh mesin pencari (SERP).
Proses optimasi SEO pada postingan blog ini dapat kita golongkan menjadi dua bagian, yaitu proses optimasi postingan blog pada saat kita membuat artikel blog dan optimasi postingan blog setelah kita membuat artikel blog. Pada kesempatan ini penulis hanya akan membahas cara optimasi SEO pada saat kita membuat artikel blog.
Hal-hal yang perlu kita lakukan adalah :
a. Research keyword untuk judul postingan blog.
Research keyword ini merupakan rangkaian untuk menganalisa keyword terbaik yang nantinya akan kita rangkai dengan kata lain untuk menjadi judul sebuah artikel blog. Untuk melakukan research keyword ini anda dapat mempergunakan bantuan fitur Google AdWords Keyword Tool atau klik di sini. Fitur Google AdWords Keyword Tool tersebut adalah seperti gambar di bawah ini.

Isikan keyword pada bagian Word or phrase, pada bagian website isikan dengan www.google.com, pada bagian Category dapat anda kosongkan atau anda isikan kata-kata yang sesuai dengan thema keyword. Isikan Location yang sesuai dengan penelusuran anda, bila anda menelusuri dari Indonesia, maka pilihlah Indonesian. Isikan gambar chaptanya dengan benar, kemudian klik search. Selanjutnya pada bagian bawah akan ditampilkan serangkaian hasil analisa seperti gambar di bawah ini.
Dunia Blog
 
Pilihkah rangkaian keyword yang memiliki Competition Low namun memiliki Global Monthly Searches yang tinggi, gabungkan dengan beberapa kata lain sehingga menjadi judul sebuah postingan blog.

b. Tambahkan label pada tiap-tiap postingan blog anda.
 Label merupakan suatu bagian yang penting dalam suatu blog, karena akan mempermudah pengunjung mencari kategori artikel. Label artinya kategori. Dengan label, pengunjung akan lebih mudah mencari kategori artikel. Cara menambahkan label pada artikel sangat mudah. Kawan hanya perlu melihat tulisan label di sidebar kanan saat menulis artikel. Klik label dan isi sesuai kategori artikel. - See more at: http://blogseputar.blogspot.com/2013/05/optimasi-seo-artikel.html#sthash.1KHaYEyX.dpuf
Label atau kategori dari tiap-tiap postingan blog merupakan hal yang penting untuk memudahkan proses crawling oleh mesin pencari serta akan membantu para pengunjung untuk menemukan artikel-artikel blog berdasarkan kategori tertentu.

c. Merubah permalink menjadi Custom Permalink
Sebenarnya Permalink yang disediakan oleh format blogger telah di set pada Automatic Permalink, namun dalam rangka memudahkan proses pencarian oleh mesin pencari hendaknya kita rubah settingnya menjadi Custom Permalink, isikan dengan kata-kata yang sesuai dengan judul postingan blog.

d. Isikan Search Description
Pada bagian search description ini sebaiknya anda isikan dengan deskripsi singkat tentang artikel blog yang sedang anda tulis. Hal ini penting untuk mempertajam hasil pencarian oleh mesin pencari.

e. Menempatkan kata kunci pada bagian awal dan akhir paragraf
Kata kunci (keyword) yang kita bidik hendaknya ditempatkan pada bagian paragraf awal dan paragraf akhir pada tiap-tiap postingan blog, hal ini penting untuk mempertajam proses SEO.

Demikianlah pembahasan perihal optimasi SEO pada postingan blog, semoga dapat bermanfaat, bilamana terdapat hal-hal yang belum jelas, anda dapat menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini.