Bloggerberdatu

7/10/13

Akan Ada Fitnah Seperti Potongan Malam yang Gelap

Rasulullah saw telah memberi banyak isyarat kepada umatnya tentang bahaya fitnah di akhir zaman. Perpecahan, permusuhan, bahkan peperangan dalam sejarah sering terjadi hanya karena disulut fitnah. Fitnah menjadi sebab kehancuran dan ketidakharmonisan pada berbagai level ikatan kemanusiaan.
Pada akhir zaman, fitnah-fitnah semacam ini akan semakin banyak bermunculan sehingga kaum muslimin sendiri pun sukar untuk membedakan antara yang haq dan yang batil. Sehingga tepat jika Rasulullah saw menyebutkan fitnah lebih kejam dari sekadar pembunuhan. Bencana fitnah akhir zaman bak gelapnya malam, sangat sedikit cahaya kebenaran untuk membedakannya.
Rasulullah saw bersabda, “Sebelum datang kiamat ada beberapa fitnah seperti potongan malam yang gelap.” (HR Hakim, Shahihul Jaami’ No. 2855)
Dalam riwayat lain, Rasulullah saw juga bersabda, “Kelak akan datang suatu fitnah yang membuat bisu, tuli, dan buta. Barang siapa yang mendekatinya akan terjerumus ke dalamnya.” (Sunan Abu Daud, Juz IV hal 165)
Hanya kepada Allah SWT semua makhluk berlindung agar dapat terlindungi dari hal-hal yang menimbulkan fitnah maupun yang menjerumuskan ke dalam fitnah. “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir.” (QS Al Mumtahanah, 60:5)

0 komentar: