Bloggerberdatu

7/20/13

MANFAAT MENGKONSUMSI SAYURAN

MANFAAT MENGKONSUMSI SAYURAN

Seperti yang telah kita ketahui bersama mengkonsumsi sayuran adalah penting karena banyak mengandung vitamin, dimana vitamin – vitamin ini tidak dapat di buat oleh tubuh, sehingga kita harus mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh kita.
Apa saja khasiat yang terkandung dalam sayuran…… Di bawah ini adalah sebagian dari manfaat mengkonsumsi sayuran :
1. BAYAM
Bermanfaat untuk membersihkan kuman di usus dan memperbarui alat pencernaan makanan, sembelit, mencegah penyakit gusi, dan menghindarkan keguguran, impotensi serta kemandulan.
2. BAWANG  PUTIH
Membersihkan kuman diusus, menyembuhkan penyakit darah tinggi dan mengeluarkan racun – racun dalam tubuh.
3. BIT
Bermanfaat untuk pembuat sel darah merah, dapat membersihkan hati, ginjal dan kandungan empedu serta merangsang aktifnya kelenjar-kelenjar tubuh.
4. BROCOLI
Sebagai pembersih tubuh dan dapat mengurangi berat badan
5. KETIMUN
Banyak mengandung vitamin A, B, C, juga mengandung Potassium, Zat besi dan Magnesium, Silikon dan Khlor.  Selain itu juga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil.  Dapat bermanfaat menumbuhkan rambut.  Campuran sari Ketimun , Wortel dan Bit berguna untuk menyembuhkan penyakit Rematik.
6. KUBIS ATAU KOL
dapat menyembuhkan borok perut.
7. SELADA
Sebagai pembuat sel syaraf dan jaringan sel paru-paru, juga untuk pertumbuhan rambut, penyakit lambung dan perut.
8. SELEDRI
Membersihkan sisa-sisa makanan dalam usus, penguat urat syaraf dan pembuang CO2 dalam tubuh.
9. STROBERI
Pembersih muka yang terbaik, bila diminum setiap hari akan memberikan manfaaat dalam penyembuhan hati lemah, kulit yang terkelupas, sembelit, radang selaput lendir dan sebagai obat kuat terhadap kelenjar-kelenjar dan syaraf.
10. TOMAT
Bermanfaat untuk kesehatan mata, tulang dan gigi serta anti kanker.
11. WORTEL
Pelarut yang baik untuk borok dan kanker, melindungi susunan syaraf serta menghindari kemandulan.
Ini adalah sebagian dari manfaat mengkonsumsi sayuran .
Yang perlu diingat bila kita mengkonsumsi sayuran mentah harus di cuci  dengan bersih terlebih dahulu sehingga terhindar dari sisa2 pestisida sintetis yang masih menempel dalam sayuran . Maka sangat disaran kan untuk memakan sayuran organik dimana diusahakan yang menggunakan pupuk organik, pestisida nabati/biologi yang ramah lingkungan,  Ini akan lebih menjamin kesehatan kita.
Nah selamat mengkonsumsi sayuran yang sehat……

Tidak ada satupun orang yang membantah bahwa mengonsumsi sayuran setiap hari memiliki dampak positif pada kesehatan tubuh manusia. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa wanita yang sehat pada usia 40-50 taun ternyata memiliki kebiasan makan sayuran setiap hari. Sayuran yang mereka makan membuat tulanng kuat dan jauh dari penyakit tulang. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan wanita yang tidak menyukai sayuran.
Memakan sayuran dapat mencegah penyakit jantung koroner. Kandungan vitamin C yang tinggi dan alami pada sayuran dapat secara efektif menangkal penyakit jantung koroner. Jantung akan normal jika disuplai dengan vitamin C yang berasal dari sayuran. Kalsium adalah salah satu kandungan sayuran hijau. Kalsium dibutuhkan tubuh supaya dapat bekerja dengan baik. Semakin hijau suatu sayuran, semakin tinggi kadar kalsiumnya. Kalsium tentu saja bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, membuat mudah tidur dan memperkuat otot. Penyakit diabetes mellitus pun dapat dicegah dengan konsumsi sayuran yang mengandung kalsium tinggi.
Jumlah terbaik konsumsi sayuran per hari paling tidak sebanyak 200 gram untuk melancarkan metabolisme tubuh. Sayuran tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Sebagai contoh adalah apabila anda mengonsumsi 400 gram sayuran maka berat badan anda tidak akan naik secepat ketika anda mengonsumsi 400 gram daging setiap hari. Selain itu sayuran juga tidak mengandung kolesterol sehingga tidak ada resiko apapun dikonsumsi dalam jumlah besar.

Nutris yang ada pada sayuran

Secara spesifik, nutrisi pada sayuran sangat banyak. Anda dapat mengonsumsi sayuran setiap hari tanpa masalah apapun. Sayuran memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh seperti kalsium, serat, vitamin A, vitamin C, folat, potasium dan protein. Sayuran sebagai menu wajib untuk tiga kali makan sehari dapat memberikan pengaruh positif bagi kesehatan anda. Nutrisi spesifik yang ada dalam sayuran antara lain adalah:
  1. Potasium
Sayuran mengandung potasium yang baik untuk diet. Potasium membuat tekanan darah menjadi normal dan sehat. Tekanan darah yang baik akan membuat orang tenang sehingga gejala susah tidur dapat dicegah. Sayuran yang lebih banyak mengandung potasium adalah kacang, tomat, kedelai, bayam dan kangkung.
  1. Serat atau fiber
Serat yang terkandung dalam sayuran membantu pencernaan lebih baik dalam memroses makanan sehingga memperingan kinerja lambung dan usus. Sayuran dianjurkan untuk mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Serat memiliki efek mengenyangkan sehingga baik untuk mereka yang sedang berdiet. Anda akan merasa kenyang makan sayuran dibanding nasi atau gandum dengan takaran yang sama.
  1. Asam Folat
Sayuran banyak mengandung folat tinggi seperti kangkung, bayam dan selada sangat baik untuk wanita. Folat adalah zat yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Folat dipercaya adalah zat yang membuat wanita menjadi lebih subur. Asam folat dapat membantu pertumbuhan janin ketika masih dalam kandungan.
Selain ketiga nutrisi diatas, masih ada kandungan vitamin A dan C. Vitamin ini tentu sangat baik menunjang pertumbuhan dan kesehatan tubuh manusia serta mencegah penyakit. Jadi, banyak-banyak mengonsumsi sayuran itu baik bagi kesehatan tubuh kita. Masih ragu mengonsumsi sayuran?